Pelatihan Pembuatan Tepung Mocaf Bersama MBI dan YBM Purbalingga

Ibu-ibu KWT (Kelompok Wanita Tani) bersama mahasiswa UNSOED

Masyarakat Berdaya Indonesia (MBI) bersama dengan Yayasan Baitul Ma’al Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) mengadakan pelatihan pembuatan tepung mocaf kepada petani singkong di pondok sipanji, pada Rabu 18 Januari 2023.

Pelatihan ini diselenggarakan agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani singkong, serta menambah wawasan lebih terkait tepung mocaf. Mocaf adalah produk tepung dari singkong yang termodifikasi. modifikasi singkong pada mocaf dilakukan dengan cara fermentasi oleh bakteri asam laktat. Fermentasi yang dilakukan mengubah karakteristik tepung sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai produk pangan.

Menurut Abdul Rohhim dari MBI Semarang, potensi pertanian di Indonesia sangat luar biasa banyaknya, tetapi sektor tersebut masih belum memberikan kesejahteraan bagi petani yang menjadi pahlawan pangan di negeri ini.

Beliau juga menjelaskan tepung mocaf ini tidak menganduk gluten atau gula, sehingga tepung mocaf ini berbeda dari tepung yang diolah dari singkong pada umumnya.

Selain itu acara ini terselenggara karena adanya kepanitiaan dari mahasiswa kkn Unsoed Desa Tumanggal. Berkat kepanitiaan yang baik, acara ini dapat terselenggarakan dengan lancar tanpa adanya kendala apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *